CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Jumat, 26 Desember 2008

Web Situs

Membangun Situs Web



Bayangkan ada dua es krim di depan Anda. Yang satu disajikan tanpa topping, sedangkan yang satu lagi disajikan dengan potongan pisang, taburan kacang dan meses, bahkan ada ceri di atasnya. Es krim yang sama, tapi sangat berbeda. Yang Anda butuhkan untuk membuat es krim yang lezat atau dalam konteks ini situs web adalah perangkat yang tepat, beberapa bahan, dan sedikit kreativitas.


Pada waktu membuat situs web. Anda memerlukan paling sedikit dua tool (mungkin lebih). Sekadar mengingatkan, kita tidak bicara tentang hardware kami yakin Anda telah menyadari pentingnya mempunyai komputer dan juga scanner, printer, dan kamera. Pada artikel ini, kita memfokuskan diri ke software yang bisa Anda gunakan untuk membuat. mengedit. dan memanipulasi elemen web. Pada bagian kedua nanti. Anda bisa membuat, mengedit, dan mempublish situs web dengan menggunakan sejumlah aplikasi dan tool nantinya kita sering kali menggabung-gabungkan peralatan kita.

Mengetahui pilihan Anda akan membantu Anda dalam membuat lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan sentuhan pribadi Anda. Untuk memulai, mari kita lihat "tool" paling dasar yang akan Anda butuhkan dalam pembuatan situs Anda dan koneksi Internet dan tempat di server.

Koneksi Internet dan Tempat di Server

Sebagus apapun situs web yang Anda buat, orang tidak akan tahu jika Anda tidak bisa terhubung ke Internet dan mengirim file situs ke server. Anda harus terhubung ke Internet atau bisa mengakses Internet sebelum online. Anda bisa membuat situs web tanpa koneksi Internet, tetapi Anda akan tenggelam pada waktu ingin membuatnya online.

Selain kebutuhan dasar akan koneksi Internet. Anda mungkin harus membayar untuk tempat penyimpanan di server. Dikatakan mungkin karena biasanya tempat penyimpanan di server diberikan gratis atau sebagai tambahan dari suatu layanan berbayar. Sebagai contoh, Internet service provider (ISP) Anda mungkin memberikan tempat penyimpan gratis sebesar 30 MB di server sebagai tambahan dan koneksi Internet Anda. Ide tempat penyimpanan gratis di server secara mengejutkan menarik banyak orang. Mereka ada di luar sana dan merupakan praktik online yarg berkembang. Namun, jangan heran jika nanti Anda menemukan ada tempat penyimpanan gratis yang fasilitasnya sama dengan yang berbayar.

Tempat Penyimpanan Online Gratis

Ini tidak bohong. Anda bisa membuat dan menampilkan situs web secara gratis, tanpa biaya apapun. Yang perlu dikeluarkan adalah sedikit waktu dan kreatifitas. Anda tidak memerlukan software tambahan atau account Internet tidak ada apa pun seiain teks dan beberapa gambar. jika Anda ingin memasuk kan rnereka. Tentu saja, Anda mempunyai keterbatasan kecil pada waktu menempuh cara ini (seperti alamat web yang panjang, tempat penyimpanan yang terbatas, iklan, dan pilihan layout yang terbatas), tetapi bergantung kepada tujuan utama Anda dan layanan gratis yang dipilih, keterbatasan tersebut mungkin tidak akan berpengaruh besar.
Cara nornor satu untuk rnenjadi pernilik halarnan web gratis adalah dengan ke situs blogging (kependekan dari web blog¬ging) dan komunitas online. Situs blogging rnenawarkan tool yang membantu Anda mem publish situs web secara instan, dan komunitas online merupakan tempat di web di mana orang berbagi informasi (sering kali dibagi berdasarkan topik). Salah satu kelebihan membuat blog atau bergabung dengan komunitas online (selain faktor "gratis") adalah sebagian besar situs blogging dan komunitas online memperbolehkan Anda untuk membuat situs web dengan menggunakan template dan wizard.




Kekurangan terbesar dari blog dan komunitas online adalah alamat web Anda akan menjadi panjang (misalnya, groups.msn.com/TheVisitingFamily), Anda mempunyai tempat penyimpanan yang terbatas di server, pilihan layout halaman biasanya terbatas, atau sangat dikontrol, situs Anda akan berisi iklan, dan jika Anda tidak ingin menggunakan template, mengubah situs akan sulit atau mungkin tidak diperbolehkan.

Sama dengan komunitas online,cara gratis lain untuk eksisdi web adalah dengan membuat halaman khusus situs. Pada waktu surfing, Anda mungkin rnenemukan beberapa situs web menawarkan tempat web gratis untuk anggota yang teregistrasi. Sebagai contoh, Anda bisa membuat halaman About Me di eBay (www.ebay.com) jika Anda merupakan anggota yang sudah teregistrasi. Maksud dari halaman About Me eBay adalah untuk memperkenalkan user eBay kepada orang lain yang mengunjungi eBay.

Selain blog, komunitas online, dan halaman khusus situs, Anda bisa mendapatkan tempat gratis dari berbagai provider yang menyediakan hosting gratis. Dan seperti yang sudah Anda bayangkan, menggunakan provider hosting gratis juga rnempunyai kele bihan dan kekurangan. Kelebihan utarna dari provider hosting gratis adalah mereka tidak mahal (gratis), cepat dan mudah digunakan, mencakup semua tingkat pengguna, dan mereka menyediakan tempat yang cukup untuk situs dasar.

Kekurangannya adalah biasanya provider hosting gratis biasanya kurang atau bahkan tidak ada support, merekan rnenggunakan server yang sudah berlebih (yang bisa memperlambat download atau server crash sehingga situs web Anda sementara tidak bisa online), keandalan jangka panjang yang terbatas dan fitus yang lebih sedikit (seperti tidak ada alamat e-mail), dan rnereka rnenampilkan iklan di situs Anda. Meskipun begitu, hosting gratis sering kali rnenyediakan cara yang baik untuk berlatih membuat halaman web pertama Anda atau membuat situs web jangka pendek.

Jenis tempat online web "gratis" lain yang secara teknis tidak gratis adalah tempat yang didapat dari ISP Anda. Karena Anda berlangganan ke ISP, maka kita tidakbisa menyebut tempat tersebut benar-benar gratis, lebih cocok disebut tempat prabayar. Pada vvaktu mendaftar, mereka akan memberitahukan bahwa Anda mendapat tempat gratis di server sebesar X megabytes. Saat itu mungkin Anda tidak tahu apa maksudnya atau tidak peduli, sehingga Anda hanya berpikir "Oh, itu bagus" dan lanjut ke prosedur selanjutnya.

Sekarang karena ingin membuat situs web, Anda lihat lagi bagian "tempat server gratis" dari perjanjian dengan ISP. Biasanya Anda akan mendapatkan tempat dari 10 MB sampai 50 MB. Kelebihan dari tempat server ISP adalah Anda sudah mernbayamya, jadi sebaiknya digunakan. Kelebihan Iain dari tempat server ISP dibandingkan situs blogging dan komunitas online adalah Anda mernpunyai kebebasan yang lebih besar dalam membuat dan menampilkan situs (yang tentu saja bisa rnenjadi kekurangan jika Anda menggunakan template yang telah tersedia).

Kekurangan dari tempat server ISP adalah Anda harus menerima alamat web yang sama dengan alamat web komunitas online. Sebagai contoh, beberapa ISP memberikan tempat server "gratis", tetapi format alamat Webnya adalah www.lSPdomainname.com/~usemame/filename.htmt dan members.ISPdcmamname.net/username/fiiename.html. Bagi sebagian besar orang, format alamat tersebut terlalu panjang dan sulit diingat.

Secara keseluruhan, tujuan utama dari situs online gratis adalah situs web langsung tersedia secara instan Dan sepanjang Anda tidak keberatan dengan alarnat web yang panjang, beberapa keterbatasan desain, dan mungkin iklan, tempat gratis merupakan tempat yang baik untuk melakukan langkah pertama Anda di web.





Membeli Tempat di Server

Berlawanan dengan tempat web gratis, Anda bisa mendapatkan situs web yang menggunakan alarnat web yang diinginkan sepanjang belum digunakan oleh orang lain. Pada waktu melakukan langkah ini ada dua hal utama yang harus dipikirkan mernilih dan meregistrasi nama alarnat web (misalnya saya.com), dan mendaftar ke provider yang akan mehost (atau menyimpan) situs web Anda (kecuali jika Anda ingin menjalankan server sendiri). Sekarang mari kita lihat bagaimana meregistrasi alarnat web dan mendapatkan layanan hosting.

Registrasi Alamat Web

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita lihat beberapa istilah sederhana. Sebenamya kita harus mengatakan nama domain, bukan alarnat web. Nama domain bisa disebut juga alamat web. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, semua alamat web sebenarnya adalah sekelompok nomor (disebut Internet Protocol atau nomor IP) yang berfungsi sebagai alamat Internet.

Sebagai manusia, tentu Anda juga tahu bahwa bagi sebagian besar orang, mengingat narna jauh lebih mudah dibandingkan mengingat sederet angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Oleh karena itu, muncullah Domain Name System (DNS). Pada dasarnya, DNS hanya memberi narna (misalnya saya.com) untuk alamat Internet (misalnya 207.155.248.5). Dengan demikian, Anda harus menggunakan istilah narna domain (sebagai ganti alamat web) pada waktu mengacu ke situs web.

Jika sudah siap untuk mendapatkan narna domain sendiri, Anda bisa memilih narna domain (misalnya saya.com), lihat apakah sudah ada dan jika belum, registrasi narna domain sebagai milik Anda dengan rnembayar biaya yang diperlukan.

Memilih dan meregistrasi narna domain web tidak sulit jika Anda melalui situs registrasi yang legal. Untungnya, InterNIC (yang berada di bawah naungan Departemen Perdagangan Amerika Serikat) mempunyai daftar semua situs registrasi nama domain web yang boleh digunakan Untuk melihat daftar resmi tempat registrasi nama domain (registrasi), kunjungi www.internic.net/alpba.html.

Pada waktu mengunjungi situs InterNIC, lihat beberapa situs registrasi untuk melihat harga dan kebijakan mereka. Setelah menemukan situs yang disuka, Anda bisa memasukkan nama domain yang diinginkan, dan kemudian situs akan memberitahu apakah nama tersebut sudah ada. Jika belum, lakukan pembayaran (biasanya melalui kartu kredit), dan situs akan meregistrasi domain Anda ke InterNIC. Langkah Anda selanjutnya adalah mencari ISP yang akan mehost nama domain dan situs web Anda.





Mencari Tempat untuk Domain Anda

Jika Anda tidak menjalankan server sendiri dan sebagian besar orang tidak langkah selanjutnya adalah mencari ISP atau layanan hosting yang mau menyediakan tempat untuk nama domain Anda jika Anda belum melakukan ini pada waktu proses registrasi domain (seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya). Anda bisa rnencari layanan hosting secara online ketik web hosting pada search engine, dan Anda akan mendapatkan berbagai provider web hosting. Atau lebih baik lagi, kunjungi hostindex.com, situs yang mendedikasikan dirinya untuk menyediakan informasi mengenai layanan hosting, termasuk daftar bulanan yang berisi top 25 host.

Terlepas dari bagaimana Anda rnencari ternpat domain, jangan lupa untuk mengecek beberapapoin penting, termasuk biaya, konfigurasij aringan, Microsoft FrontPAge Server Extensions (jika Anda menggunakan fitur FrontPage), dan keandalannya. Rata-rata, layanan hosting web biasa mengenakan biaya bersamaan dengan biaya setup. Kecuali jika harganya mengejutkan, jangan biarkan harga mengatur keputusan Anda.

Lebih Lanjut

http://www.blogger.com
http://spaces.msn.com
http://www.tripod.lycos.com
http://groups.msn.com
http://geocities.yahoo

2 komentar:

Revina Anggita mengatakan...

kalo mu membangun web bisanya menggunakan software apa aja??
tapi yang simple dan ga berbelit-belit..

Muakasich Liz.. :)

Anonim mengatakan...

Trim's infonya